Oleh: wong_anTeng | 8 Oktober 2009

Belajar Macam-macam Taqwa, Yuk!

Apa itu Taqwa?  Pastinya teman-teman udah pada tau dong.  Di sekolahan kan pasti udah dapat pelajaran PKn atau pelajaran Agama.  Dikedua mata pelajaran itu biasanya udah ada materi mengenai Taqwa.  Kalo dalam materi di Sekolahan biasanya arti Taqwa itu adalah menjalankan semua perintahNya dan menjahui Segala laranganNya.  Dalam buku ini memcoba menjelaskan 3 Macam Taqwa.

Pertama, tingkat paling bawah  yaitu rasa “takut terhadap hukuman Allah Swt”.  Pada tingkatan ini berarti orang-orang melaksakan ibadah  karena takut  akan ancaman siksa neraka.  Misalnya saja teman-teman melakukan Sholat karena takut besuk masuk neraka, takut disiksa di neraka, lah itu berarti teman-teman termasuk dalam katergori taqwa paling bawah atau terendah.

Kedua, makna taqwa yang  berkaitan dengan hal Sosial.  Teman-teman dah tau belum maksudnya social? Yah, social itu misalnya lingkungan sekitar, hal-hal yang berkaitan dengan orang lain atau bahkan makluk lain.  Kaitannya dengan hal social ini diartikan bahwa orang melakukan ibadah karena “takut akan segala akibat buruk perbuatanya”.   Misalnya saja: teman-teman melakukan Sholat jama’ah dimasjid karena takut diledekin temen dan  takut gak punya teman alias dikucilkan.  Contoh lainya: teman-teman membantu teman lain yang lagi tertimpa musibah karena membayangkan kelak jika suatu saat teman-teman terkena musibah ada yang membantu pula.

Ketiga, makna taqwa secara spiritual dimana orang-orang melaksanakan ibadah karena rasa takut akan kehilangan cinta kepada Allah, rasa dekat dengan Allah dan cinta Allah.  Orang –orang dalam kategori ini melakukan Ibadah dengan senang hati dan bukan karena rasa takut akan ancaman siksa neraka dan hukuman-hukuman Allah yang lain.  Misalnya saja teman-teman melakukan sholat dengan senang hati, tulus untuk mengingat sifat-sifat Allah dan melakukan ibadah apapun “karena Allah”.

Gimana? Kira-kira teman-teman termasuk dalam kategori yang mana nih? Kategori satu, atau dua, apa yang ketiga.  Mau yang pertama/kedua/ketiga itu semua yang tau ya diri teman-teman sendiri. Ya ToW.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: