Oleh: wong_anTeng | 3 Oktober 2009

SAATNYA MEMILIH CARA AGAR BISA KHUSUK DALAM BERSHOLAT

Teman-teman udah pada tau makna dari khusuk kan? Pastinya udah dong, kalian kan pinter-pinter semua.  Khusuk dalam sholat berarti sewaktu kita sholat pikiran kita hanya tertuju kesatu tujuan yaitu mengingat Allah.  Sholat khusuk itu seakan-akan kita bertemu dengan Allah tanpa ada orang lain, jadi hanya kita dan Allah saja.  Orang yang khusuk sholat mana mungkin sholat sambil membayangkan makanan, choklat, es cream, sambil tengak-tengok kanan kiri? Gak mukinlah, Betul kan? Yup, betul-betul-betul.  Bagaimana caranya agar kita bisa sholat dengan khusuk?  Caranya sih banyak banget tapi kita pilih yang gampang saja yuk!

Cara gampang agar kita bisa sholat dengan khusuk pastinya kita sholat dengan tenang baik pikiran ataupun gerakan badannya.  Jangan sampailah teman-teman sholat dengan terburu-buru, mungkin keburu main, makan, nonton TV dll.  Jika kita sholatnya terburu-buru, pasti  gerakan sholatnyapun secepat kilat deh.  Kalo dah terburu-buru mana mungkin bisa sholat dengan khusuk, pastinya susah dong.

Selain tenang, kita juga harus memahami dan merasakan setiap bacaan yang kita baca dalam sholat.  Seolah-olah kita sedang berduan dengan Allah dan ngobrol dengan Allah dengan bacaan sholat yang kita baca.  Jadi saat kita membaca bacaan sholat tak sekedar asal baca dari awal sampai akhir.  Teman-teman coba deh untuk merasakan dan menikmati dengan penuh penghayatan disetiap bacaan sholat, pasti sholatnya terasa lain.  Rasanya jauh lebih nikmat dibandingkan jika kita sholat dengan tergesa-gesa dan asal baca.

Untuk bisa merasakan setiap bacaan sholat mestinya teman-teman juga perlu memahami arti-arti dari bacaan sholat.  Misalnya: Bismillahir Rahmanir Rahim artinya adalah “dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.  Jadi ketika membaca  “Bismillahir Rahmanir Rahim” kita merasakan bacaan tersebut dengan  bacaan  “dengan nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.  Gimana? Caranya gampang banget kan, mulai sekarang pastinya teman-teman akan semakin khusuk  deh dalam bersholat, ya tow…!!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: