Oleh: wong_anTeng | 3 Oktober 2009

Yuk Mari Tumbuhkan dan Bangkitkan Rasa Khusuk kita!

Gimana nih, teman-teman masih setia menyimak bacaan ringan ini kan? Pastinya masih dong.  Teman-teman pastinya udah tau dong, bahwa rasa khusuk tidak mungkin bisa kita dapat begitu saja tanpa ada suatu usaha apapun.  Lah maka dari itu Yuk Mari  Tumbuhkan dan Bangkitkan Rasa Khusuk kita! Memang baiknya Rasa khusuk kita harus kita tumbuh dan bangkitkan sejak dini agar kelak kita terbiasa khusuk. Bagaimana caranya untuk menumbuhkan dan membangkitkan rasa khusuk kita? Caranya simak yang berikut ini, yuk!:

  • Tumbuhkan semangat untuk menjadi lebih baik dari hari kehari.  Misalnya, biasanya kita hanya hafal bacaan arabnya saja, untuk hari esok kita baiknya berusaha untuk menghafal artinya juga.  Sedikit-sedikit tak apalah, karena ada pepatah bilang “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”.  Jadi alangkah baiknya kita mengupayakan yang lebih baik dari hari ini di hari esok.
  • Gonta-ganti cara sholat.  Misalnya Jika bacaan tiap harinya Cuma itu-itu aja, untuk esok hari kita bisa mencoba menghafal bacaan yang lainya.  Dengan demikian kita tak kunjung bosan dan tetap semangat untuk menjalankan sholat dengan khusuk.
  • Berlatih khusuk dari hal-hal yang ringan, teman-teman tak harus bisa 100% khusuk dari awal sholat sampai akhir sholat.   Kita bisa latihan secara dikit-dikit untuk memfokuskan pikiran kita kepada Allah semata.
  • Berusaha memfokuskan perhatian dan pikiran kita pada aktivitas sholat yang sedang kita lakukan, jadinya pikiran kita tidak kemana-mana.  Misalnya, saat membaca alfatihah, pikiran kita yah fokus pada bacaan itu.  Masak kita baca Alfatihah tapi kita membayangkan es cream, yah itu namanya gak khusuk dong.

Dengan cara-cara diatas, mungkin saja bisa membuat sholat kita larut dalan kekhusukan.  Kalo sholatnya khusuk pastinya teman-teman tidak tau sama sekali apa yang terjadi disekitar teman-teman.  Misalnya sewaktu teman-teman sholat tapi ternyata teman-teman masih tau segala sesuatu yang terjadi disekitar kalian, wauh bisa jadi sholatnya gak khusuk tuh.   Tapi meski sholat kita tak bisa khusuk hingga tak tau segala yang terjadi disekitar, kita tak perlu ragu atau takut sholat kita tidak diterima Allah.  Kita harus tetap sholat dan berusaha agar bisa khusuk, betulkan? Yup, betul-betul-betul.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: