Oleh: wong_anTeng | 6 Oktober 2009

Teruslah Bersholat “Karena Allah”

Sebenarnya teman-teman melakukan sholat untuk siapa sih? Untuk diri sendiri, atau untuk orang lain atau untuk Allah?  Sholat itu untuk kepentingan duniawi atau untuk kepentingan akhirat sih? Kalo sholatnya untuk kepentingan duniawi, misalnya kita sholat karena ingin dapat nilai rapot yang bagus.  Apakah yang demikian itu sholat kita menjadi tidak ikhlas?  Kan kalo kita sholat harusnya ikhlas, lah kalo kita sholat untuk mengharapkan sesuatu untuk kepentingan duniawi gimana?  Emangnya apa sih yang dimaksud dengan “keikhlasan”?

Yang dimaksud dengan keikhlasan ialah kita melakukan sholat “karena Allah” jadi kita sholat bukanlah “untuk Allah”.  Terus yang dimaksud “karena Allah” itu apa yah? Maksudnya sikap tulus karena keyakinan yang benar dan juga baik.  Jadi kita boleh-boleh saja kok melakukan sholat dengan tambahan untuk mencapai kepentingan duniawi, asalkan maksud kita itu benar-benar untuk hal yang baik.  Temen-temen penginya sholat untuk kepentingan duniawi atau akhirat sih? Yah, baiknya sih untuk kepentingan dua-duanya yaitu dunia dan akhirat, ya toW.   Mau untuk kepentingan duniawi atau kepentingan akhirat, satu yang perlu dijaga yaitu melakukanya “karena Allah”.

Teman-teman biasa menambahkan maksud apa aja dalam sholat, misalnya:  sholat agar diberi otak yang cerdas, sholat agar diberi kesehatan, dll.  Jika teman-teman sholat agar diberi otak yang cerdas harusnya juga diimbangi dengan belajar yang rajin, jadinya rajin sholat dan rajin belajar biar otak jadi cerdas, jadilah kita orang pintar, yak an?  Jika teman-teman sholat agar diberi tubuh yang sehat, harusnya ya diimbangi dengan olahraga dan makan makanan yang bergizi. Yah meski kita menambahkan maksud untuk kepentingan duniawi, kita melakukannya baiknya tulus “karena Allah”.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: