Oleh: zelyindahan | 7 Oktober 2009

Shalat Menyehatkan

SHALAT BIAR TUBUH SEHAT DAN TIDAK KAKU

Memangnya tubuh kita bisa jadi kaku? Bisa saja. Kalau tubuh tidak pernah digerakkan, parsendian kita rasanya jadi kaku dan pegal-pega. Tapi, biasanya usia anak-anak adalah masa paling lincah. Lari sana-sini, lompat sana-sini. Aktifitas garak tubuh (apapun gerakannya) disebut olah raga. Kalau kita sering melakukan olah raga tersebut, maka kita akan tetap sehat meski sudah jadi nenek-nenek dan kakek-kakek. Coba tanya pada nenek dan kakek kalian yang masih sehat. Benarkah demikian? Tentu, mereka akan jawab “Benar, cucuku.”

Nah, shalat itu juga olah raga loh teman-teman. Kalian yang cerdas, pasti bisa memahami kenapa shalat juga olah raga.

Mari kita pelajari setiap gerakan shalat, oke teman-teman?!! Semangat ya!

MANFAAT GEREKAN TAKBIR (TAKBIRATUL IHRAM)

Ini adalah gerakan shalat yang paling awal.  Kalian kan rajin shalat. Jadi setiap gerakan, pastinya sudah hafal dong. Takbiratul Ihram adalah berdiri tegak, mengangkat kedua tangan di samping telinga. Jari-jari kita terbuka tetapi tidak terlalu tegang ataupun menggenggam. Yang santai-santai aja, teman.

Kemudian tangan dilipat di perut bagian atas atau di dada bagian bawah. Tangan kanan menggenggam tangan kiri. Kenapa ya harus begitu? Ternyata gerakan ini berguna untuk melancarkan aliran darah dan menguatkan otot lengan.  Saat berdiri tegap, jantung kita memompa darah kaya kandungan oksigen mengalir lancar  ke seluruh tubuh. Ternyata posisi sedekap tangan kita akan menghindarkan kita dari gangguan persendian, khususnya tubuh bagian atas.

MANFAAT GERAKAN RUKU’

Posisi ruku’ yang sempurna ditandai dengan tulang belakang yang lurus sehingga kalau diletakkan gelas di atasnya maka gelas itu tidak akan jatuh. Wah, seperti meja saja ya punggung kita ini. Posisi kepala kita juga lurus dengan tulang punggung. Gerakan ini bermanfaat untuk menguatkan tulang belakang serta memperbaiki fungsi tulang belakang sebagai pusat syaraf tubuh. Ruku’ juga bisa melanjarkan aliran darah ke otak. Kalau otak kita mendapat asupan oksigen dengan baik, maka kita jadi semangat dan gampang berpikirnya. Cerdas deh, kita.  Terus posisi tangan yang diletakkan di lutut itu berguna untuk melonggarkan otot bagian bawah tubuh. Biar kaki kita tidak kram.

MANFAAT GERAKAN I’TIDAL (BERDIRI SETELAH RUKU’)

I’tidal adalah bangun dari ruku’ sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik untuk pencernaan kita loh. Ternyata, pada waktu i’tidal, alat pencernaan kita mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Kita memang tidak bisa melihat isi perut kita, tapi kalau shalat kita betul pasti akan terasa. Karena itu pencernaan kita juga akan lancar. Kalau lancar maka buang air pun mudah. Kalian tidak sakit perut lagi, deh.

MANFAAT SUJUD

Sujud adalah posisi menungging. Kepala kita diletakkan pada posisi terendah. Lebih rendah dari pantat. Pada posisi ini, tujuh anggota badan menapak ke tempat sujud. Mereka adalah : kedua telapak tangan, ujung kedua kaki, ddahi, dan kedua lutut. Posisi ini berguna untuk melancarkan peredaran cairan tubuh. Khususnya darah kita ke otak. Makanya, kalau mau cerdas perbanyak sujud ya. Kalau sujud jangan buru-buru selesai. Oke, teman-teman-teman.

MANFAAT DUDUK

Pada posisi ini, tubuh kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf-syaraf perasa. Jadi dengan demikian duduk di antara dua sujud ini bermanfaat untuk menghindarkan rasa nyeri di pangkal paha kita. Kalau terserang nyeri atau sakit, bisa-bisa kita lumpuh. Hiiiiy… ngeri deh.

MANFAAT SALAM

Eh,  pada saat salam jangan asal tengok kanan-tengok kiri ya. Sebenarnya kalau kita juga melakukan dengan posisi yang benar, maka akan mendapatkan dampak yang menyehatkan pula. Bila kita memaksimalkan gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri, bermanfaat untuk mengendurkan otot bagian wajah dan leher biar tidak tegang, teman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: