Oleh: wong_anTeng | 19 Oktober 2009

Yuk, Belajar Memahami Tiga Macam Tawakkal

Teman-teman udah pada taukan apa itu Tawakkal? Pastinya udah tow, yah kita ulas sedikitlah mengenai apa itu Tawakkal. Tawakkal itu artinya berserah diri atau pasrah kepada Allah. Apapun yang terjadi dalam kehidupan, kita harus rela menerima dengan setulus hati. Misalnya saja, hari ini ulangan Matematika, tapi nilai teman-teman tidak memuaskan bahkan terendah dikelas, padahal udah belajar. Teman-teman pastinya kecewa dong, tapi teman-teman harus rela kalo memang nilainya kurang bagus. Masih ada hari esok untuk memperbaiki. Ulangan yang akan datang teman-teman harus siapkan dengan sebaik-baiknya. Belajar lagi dengan sungguh-sungguh agar bisa mengerjakan ulangan yang akan datang dengan hasil yang memuaskan. Jangan lupa pula selain belajar teman-teman juga harus berdo’a kepada Allah. Dengan sedikit contoh ini, pastinya udah ada gambaran dong mengenai Tawakkal? Mudah-mudahan sudah deh. Tawakkal ada tiga macam loh, yaitu:

Pertama, Menerima ketentuan Allah setelah berusaha. Contohnya yah seperti contoh yang tadi. Walau udah berusaha belajar tapi nilai tetep kurang bagus. Anggap saja itu adalah ketentuan Allah, jadi jangan sedih. Perbaiki lagi diulangan yang akan datang. Jangan putus asa dan tetap berusaha belajar yang rajin dan jangan lupa berdo’a. Dengan nilai yang kurang bagus itu, jadikalah semangat untuk mendapatkan yang lebih bagus dikemudian hari. Jangan malah jadi murung dan gak mau belajar lagi. Tetap semangat untuk mendapatkan yang lebih baik.

Kedua, Menerima kenyataan bahwa semua persoalan dapat dikuasai dan diatasi tanpa bantuan Allah. Contohnya teman-teman pergi kesekolah naik sepeda. Sesampainya sekolah teman-teman mengunci sepeda itu agar supaya aman tak digondol maling. Itu berarti bahwa teman-teman sudah berusaha untuk menjaga keamanan sepeda itu dari orang-orang jahat. Tapi yang namanya orang jahat kan punya banyak cara untuk melakukan aksi kejahatanya. Meski udah dikunci bisa saja, kuncinya itu dibobol maling. Lah maka dari itu selain mengunci sepeda teman-teman juga perlu berdo’a untuk keamanan sepeda teman-teman. Biar bagaimanapun kita tidak bisa mengatasi semua hal dalam kehidupan kita, untuk itu kita sangat membutuhkan pertolongan Allah.

Ketiga, Menaruh harapan yang tinggi kepada Allah. Misalnya saja, teman-teman bercita-cita ingin jadi dokter. Janganlah ragu-garu untuk mewujudkanya. Dan jangan lupa untuk senantiasa berdo’a kepada Allah agar Beliau mengabulkan cita-cita yang teman-teman dambakan kenyataanya nanti. Hanya Allahlah satu-satunya harapan kita yang bisa menyempurnakan cita-cita kita.

Kurang lebih itulah tiga macam Tawakkal, semoga teman-teman semakin mengerti dan semakin pintar dalam menjalani hidup sehari-hari baik masa kini ataupun nanti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: