Oleh: wong_anTeng | 21 Oktober 2009

Tumbuhkan Rasa Senang Atas Masa Lalu

Apakah teman-teman memiliki pengalaman masa lalu? Pasti punyalah, misalnya pengalaman liburan, pengalaman saat bermain bareng sama teman-teman, pengalaman berkunjung kerumah saudara yang jauh, pengalaman mendapatkan nilai yang bagus, dll. Itu semua adalah pengalaman yang menyenangkan bukan? Dan pastinya tak terlupakan. Terus gimana jika teman-teman memiliki pengalaman yang menyedihkan. Misalnya pernah jatuh dari sepeda hingga terluka, pernah ditinggalkan orang-orang yang kita sayangi, pernah mendapatkan nilai yang buruk, pernah dihukum guru karena kita nakal, dll. Bagaimana sikap kita terhadap kenangan masa lalu yang menyedikan itu?

Sebaiknya kita tetap menumbuhkan rasa senang atas pengalaman masa lalu, baik yang menyenangkan ataupun yang menyedihkan. Pengalaman yang menyenangkan adalah pengalaman yang layak untuk disyukuri. Dari pengalaman yang kurang baik kita bisa menjadikanya untuk mendapatkan yang lebih baik lagi. Misalnya teman-teman sedang belajar naik sepeda. Saat pertama latihan teman-teman terjatuh hingga terluka dan berdarah pula. Dengan pengalaman jatuh dihari pertama ini apakah teman-teman langsung menyerah dan tak mau lagi naik sepeda kerana takut terjatuh lagi. Jatuh dalam berlatih sepeda itu hal yang biasa, jarang tow yang langasung bisa naik sepeda tanpa latihan dan tanpa jatuh. Sebenarnya rasa takut akan jatuh itulah yang menjadikan kita jadi jatuh beneran. Untuk itu tetep semangat dan jangan takut jatuh, yakinlah bahwa kamu pasti bisa.

Apapun pengalaman masa lalu baik yang menyenangkan ataupun menyedihkan baiknya kita syukuri. Jangan sampai kita menyesali apa yang telah terjadi, toh kita tidak bisa mengulangnya untuk kedua kalinya kan. Misalnya pagi ini teman-teman bangun kesiangan sehingga terlambat kesekolah, teman-teman tak mungkin bisa menarik waktu untuk dijadikan lebih pagi kan? Mau tak mau teman-teman memang harus telat kesekolahnya. Perlukah teman-teman menyesalinya? Menyesal sih boleh-boleh saja, asal penyesalan itu membawa kearah yang lebih baik dihari esok. Tapi kalo menyesalnya tak membawa kearah yang lebih baik lah itu tak perlulah.

Jadikanlah pengalaman masa lalu kita untuk menjadi lebih baik dihari ini dan juga hari esok. Dengan menumbuhkan rasa senang atas masa lalu, insya’allah kita akan mendapatkan yang lebih baik dihari ini dan hari esok. Kita harus senantiasa berfikiran yang baik atas segala apa yang terjadi. Baik yang terjadi dimasa lalu, masa kini, ataupun masa depan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: