Oleh: wong_anTeng | 24 Oktober 2009

Belajar Menghargai orang lain melalui Shalat, yuk!

Sikap menghargai itu yang kayak gimana sih? Menghargai orang lain berarti kita menjaga perasaan orang lain. Tidak menyakiti orang lain, tidak membuat orang lain marah dengan kita, dllnya. Sikap menghargai orang lain dapat berbentuk rendah hati dan berbaik sangka atau berfikiran baik. Sikap menghargai orang lain bisa kita latih memalui shalat. Bagaimana caranya? Caranya simak yang berikut, ya:

  1. Tepatkan tujuan shalat: ingat bahwa Allah Maha Tinggi, lali rasakan bahwa diri kita ini begitu rendah dihadapan Allah.

  2. Pakailah pakaian yang sopan dan tidak mencolok, sehingga tidak mengganggu orang lain disekitar kita.

  3. Begitu mendengar suara adzan dan iqamat langsung saja bergegas menjalankan shalat. Dengan demikian selain menunjukan ketaatan dalam beribadah, itu juga menunjukan bahwa kita menghargai orang yang menyerukan adzan.

  4. Sebagai makmum kita harus berusaha menjadi seorang makmum yang baik.

  5. Segeralah mengikuti gerakan imam, tetapi jangan sampai bersamaan atau bahkan mendahului gerakan imam.

Demikianlah cara mudah agar teman-teman bisa terlatih menghargai orang lainmelalui shalat. Dengan sikap yang saling menghargai kita bisa menumbuhkan rasa kasih sayang dan kerjasama. Misalnya: jiga teman-teman tidak nakal kepada teman lain, pastinya kamu tidak dimusuhi. Jika hubungan dengan teman lain baik, maka kamu akan lebih mudah menjalin kerjasama, misalnya bisa belajar kelompok bareng, bisa ngaji bareng, bisa bermain barena, dan lain-lainya. Kita harus punya sikap mengharigai orang lain agar kita juga dihargai pula. Dengan menghargai kita akan dihargai, hindari sikap memaksakan kehendak yah. Pastinya lebih terasa menyenangkan jika kita punya banyak teman yang sayang sama kita, dibandingkan jika kita dimusui teman yang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: